Sejarah Pesantren Bunyanun Marshush

Pondok Pesantren Bunyanun Marshush adalah lembaga pendidikan Islam yang didirikan oleh Kyai Ahmad Ruman Masyfu’ Al-Hafidz dan istrinya, Ibu Nyai Tatik Muntasiroh Al-Hafidzah, sebagai bentuk kepedulian beliau berdua pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, serta membentuk generasi Islam yang ahli dalam Imtaq dan Imtek.

        Pondok Pesantren Bunyanun Marshush berdiri pada hari Ahad, tanggal 17 Juli 2016 M, bertepatan dengan tanggal 12 Syawal 1437 H, berlokasi di Jalan KH. Adnan No. 1, Desa Bulumanis Kidul Rt. 02, Rw. 01, kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Pondok Pesantren ini dahulunya merupakan Rumah orang tua Kyai Ahmad Ruman Masyfu’ Al-Hafidz, yaitu Almarhum KH. Muwaffaq Noor, BA dan Almarhumah Ibu Hj. Syafi’ah.

        Pondok Pesantren ini bermula dari masukan para wali murid Madrasah Tsanawiyah Salafiyah, Kajen Margoyoso Pati, yang mengharapkan adanya program kelas unggulan yang memiliki pesantren terpadu dan terintegrasi dengan madrasah. Melihat situasi dan kondisi zaman sekarang, yang mengharuskan pelaksanaan pendidikan yang komprehensif jika ingin meningkatkan kualitas santri, maka Kyai Ahmad Ruman Masyfu’ Al-Hafidz sebagai Kepala Madrasah Tsanawiyah Salafiyah, kemudian bermusyawarah dengan berbagai pihak untuk kemudian membangun Pondok Pesantren Kelas Khusus atau lebih masyhur dengan sebutan kelas unggulan MTs. Salafiyah dengan nama “Bunyanun Marshush” yang memiliki arti Bangunan Kokoh di desa Bulumanis Kidul Margoyoso Pati.

        Pesantren ini memiliki karakteristik yang khas dan unik, karena semua santrinya merupakan peserta didik di kelas unggulan MTs. Salafiyah yang dituntut untuk dapat unggul dalam satu bidang atau beberapa bidang yang mereka pilih, meliputi Tahfidz Al-Qur’an, Baca Kitab Kuning, Bahasa Arab dan Inggris, serta Sains.          Target yang diharapkan pihak pengasuh dan pengelola adalah agar para santri minimal memiliki bekal hafalan Al-Qur’an 3 Juz, bisa ilmu baca kitab kuning dasar, dapat berkomunikasi sehari-hari dengan bahasa arab dan inggris, serta memiliki prestasi dibidang sains bagi para santri yang memiliki potensi.

One Response to Sejarah Pesantren Bunyanun Marshush

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *